Selamat Datang Teman-Teman Baikku (Welcome All My Dear Friends).

Senin, 10 Januari 2011

Pengertian Pertolongan Pertama

Pengertian Pertolongan Pertama adalah : Pemberian Pertolongan segera kepada korban sakit atau cedera / kecelakaan yang memerlukan penanganan medis dasar.

Adapun pengertian Medis Dasar adalah Tindakan perawatan berdasarkan ilmu kedokteran yang dapat dimiliki oleh awam atau awan yang terlatih secara khusus. Batasannya adalah sesuai dengan sertifikat yang dimiliki oleh Pelaku Pertolongan Pertama.

Siapakah Pelaku Pertolongan Pertama : Pelaku Pertolongan Pertama adalah penolong yang pertama kali tiba di tempat kejadian yang memiliki kemampuan dan terlatih dalam penanganan medis dasar (seperti paramedik, para pelaku pertolongan pertama Palang Merah Indonesia dan lain-lain).
 
Tujuan Pertolongan Pertama:
  1. Menyelamatkan jiwa korban
  2. Mencegah cacat
  3. Memberikan rasa nyaman dan menunjang proses penyembuhan


Jika postingan ini bermanfaat silahkan saja untuk disimpan atau di share agar bisa diketahui oleh yang lain.

10 comments:

wah bener ya sob, sebagai manusia kita harus saling tolong menolong, lebih-lebih jika ada yang membutuhkan dan kita mampu melakukannya ..dan ada rahasia besar dibalik itu, suatu saat jika kita mengalami sesuatu..insya Allah kita juga pasti akan ditolong..
http://ruh-aljadid.blogspot.com

@Berbagi ilmu:

makasih atas komennya sob.
benar yang ente sampaikan, jika kita melakukan yang baik maka akan ada balasan yang baik pula walaupun kebajikan yang kita lakukan hanya sebesar biji zarrah.

kalo pun tidak sanggup untuk berbagi dalam soal harta, maka berbagilah dengan ilmu dan amal perbuatan... :)

memang kalo kita bisa dengan langkah pertolongan pertama itu baik sekali, tapi kalo tidak tahu langkah2nya, bisa2 jadi membahayakan si korban, mungkin sebisanya kali yah :)

@Kang Epot:

Benar kang, jikakita salah dalam memberikan pertolongan pertama maka tentunya kondisi korban akan semakin memburuk atau parah.

Nah untuk mensiasatinya kita harus belajar teknik dasarnya saja, selanjutnya segera evakuasi ke fasilitas kesehatan terdekat.

Dan sebenarnya hal mudah yang harus dipahami oleh kita semua, kita bisa menjadi pelaku pertolongan pertama yaitu dengan menghubungi pelaku pertolongan pertama lain yang lebih professional atau pihak kesehatan untuk menyelamatkan korban... :)

Nah kalo gitu saya setuju sobat, emang bener sekali, kangan sampai, bisa tambah parah, dan ini yang hrus dipelajari tentang teknik dasarnya..... kebanyakan pada malas.... yah termasuk saya juga mungkin... :)


eh, sobat tolong aktipkan url/anonimous, buat komennya dong, itu juga kalo ga keberatan :)

@Kang Epot:

Itulah tujuan awal saya buat blog ini, ingin agar teman2 bisa belajar pertolongan pertama walaupun mungkin hanya untuk diri sendiri dan keluarganya saja.

Juga sesuai dengan program utama PMI untuk terus mensosialisasikan Pertolongan Pertama kepada masyarakat.

Kalo untuk anonimous sedang saya pertimbangkan kang, karena takut ntar ada yang komen spam atau yang berkata kasar dan kotor ... :)

bloh dunk d share blognya...wat tmen2 pmr

Mas,Saya ijin Copy-paste untuk ngisi materi PMR Di sekolah saya

mas saya minta ijin share ya heheee

Poskan Komentar

Budayakan untuk selalu memberikan komentar pada postingan yang anda baca. Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.