Selamat Datang Teman-Teman Baikku (Welcome All My Dear Friends).

Sabtu, 15 Januari 2011

Teknik Pembebasan Jalan Nafas 2 (Pendorongan Rahang Bawah)

Perasat Pendorongan Rahang Bawah (Jaw Thrust Maneuver)
Selain Teknik Angkat Dagu Tekan Dahi dalam Bantuan Hidup Dasar, cara lain untuk membuka jalan nafas adalah dengan Teknik Perasat Pendorongan Rahang Bawah (Jaw Thrust Maneuver).

Teknik ini hanya dilakukan untuk korban yang mengalami trauma atau cedera pada kepala, leher maupun tulang belakang atau pun yang dicurigai mengalami trauma tersebut. Teknik ini cukup sulit dilakukan, namun kepala dan leher korban dibuat dalam posisi alami / normal.

Caranya :
  1. Berlutut disisi atas kepala korban, letakkan kedua siku penolong sejajar dengan posisi korban, kedua tangan memegang sisi kepala.
  2. Kedua sisi rahang bawah dipegang (jika korban anak atau bayi gunakan dua atau tiga jari pada sisi rahang bawah).
  3. Gunakan kedua tangan untuk menggerakkan rahang bawah ke posisi depan secara perlahan. Gerakan ini mendorong lidah ke atas sehingga jalan nafas terbuka.
  4. Pertahankan posisi mulut korban tetap terbuka

korban dengan trauma pada leher dan tulang belakang
Ingat untuk memeriksa mulut korban terutama yang mengalami penurunan respon atau tidak ada respon, bersihkan dengan sapuan jari secara buta terhadap benda yang menyumbat jalan nafas. Namun hal ini tidak boleh dilakukan pada bayi dan anak kecil kecuali benda asing sudah terlihat dalam mulut.





Jika postingan ini bermanfaat silahkan saja untuk disimpan atau di share agar bisa diketahui oleh yang lain.

0 comments:

Poskan Komentar

Budayakan untuk selalu memberikan komentar pada postingan yang anda baca. Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.