Selamat Datang Teman-Teman Baikku (Welcome All My Dear Friends).

Sabtu, 15 Januari 2011

RANTAI PENYELAMATAN

Korban yang mengalami henti nafas dan henti jantung mempunyai harapan hidup lebih baik jika semua langkah dalam Rantai Penyelamatan / Rantai Survival dilakukan.

Rantai Penyelamatan ini diperkenalkan oleh AHA (American Heart Association) yang mempunyai 4 mata rantai yaitu sebagai berikut:

1. Kecepatan dalam meminta bantuan
Mengenali gejala dan tanda kedaruratan sistem pernafasan dan sistem peredaran darah serta menghubungi bantuan terutama Sistem Penanganan Gawat Darurat Terpadu.

2. Resusitasi Jantung Paru (RJP)
Melakukan Resusitasi Jantung Paru secara efektif. RJP yang dimulai secara dini meningkatkan harapan hidup korban secara bermakna.

3.  Defibrasi
Ini merupakan tindakan pengejutan jantung dengan tenaga listrik, dilakukan oleh tenaga medis terlatih dengan peralatan khusus.

4. Pertolongan Hidup Lanjut
Pertolongan dilapangan yang baik tidak akan memberikan hasil yang baik bila tidak disertai penanganan lanjutan yang baik di rumah sakit. Dalam dunia kedokteran perawatan ini dikenal dengan istilah Advanced Cardiac Life Support atau ACLS.



Jika postingan ini bermanfaat silahkan saja untuk disimpan atau di share agar bisa diketahui oleh yang lain.

0 comments:

Poskan Komentar

Budayakan untuk selalu memberikan komentar pada postingan yang anda baca. Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.