Selamat Datang Teman-Teman Baikku (Welcome All My Dear Friends).

Senin, 21 Februari 2011

Pertolongan Pertama Korban Tenggelam Bag. 2

B. Korban tidak sadar
Ilustrasi pertolongan korban di air

Seperti halnya dalam memberikan pertolongan pertama untuk korban tenggelam dalam keadaan sadar, maka untuk korban tidak sadar sipenolong juga harus memiliki kemampuan dan keahlian  untuk melakukan evakuasi korban dari dalam air agar baik penolong maupun korban dapat selamat. 

Adapun tindakan yang dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Segera hampiri korban, namun tetap perhatikan keadaan sekitar untuk menghindari hal yang tidak diingin terhadap diri penolong. Lakukan evakuasi dengan melingkarkan tangan penolong ditubuh korban seperti yang dilakukan pada no. 3 untuk korban sadar.
  2. Untuk korban yang dijumpai dengan kondisi wajah berada di bawah permukaan air (tertelungkup), maka segera balikkan badan korban dan tahan tubuh korban dengan salah satu tangan penolong. Jika penolong telah terlatih dan bisa melakukan pemeriksaan nadi dan nafas saat menemukan korban, maka segera periksa nafas dan nadi korban. Kalau nafas tidak ada maka segera buka jalan nafas dengan cara menggerakkan rahang korban dengan tetap menopang tubuh korban dan berikan nafas buatan dengan cara ini. Dan jika sudah ada nafas maka segera evakuasi korban ke darat dengan tetap memperhatikan nafas korban. 
  3. Ketika penolong dan korban telah sampai ditempat yang aman (di darat), maka segera lakukan penilaian dan pemeriksaan fisik yang selalu berpedoman pada ABC. Berikan respon kepada korban untuk menyadarkannya.
  4. Ketika respon ada dan korban mulai sadar, maka segera lakukan pemeriksaan fisik lainnya untuk mengetahui apakah ada cedera lain yang dapat membahayakan nyawa korban. Jika tidak ada cedera dan korban kemudian sadar, berikan pertolongan sesuai dengan yang diperlukan korban, atau bisa juga dengan mengevakuasi korban ke fasilitas kesehatan terdekat untuk pemeriksaan secara medis.
  5. Jika tidak ada respon dan tidak ada nafas, segera buka jalan nafas dengan cara ini atau ini, periksa jalan nafas dengan cara Lihat, Dengar dan Rasakan (LDR) selama 3-5 detik. Jika tidak ada nafas maka segera berikan bantuan pernafasan (bantuan hidup dasar) dengan cara ini lalu periksa nadi karotis. Apabila nadi ada, maka berikan bantuan nafas buatan sesuai dengan kelompok umur korban hingga adanya nafas spontan dari korban (biasanya nafas spontan ini disertai dengan keluarnya air yang mungkin menyumbat saluran pernafasan korban ketika tenggelam), lalu posisikan korban dengan posisi pemulihan. Terus awasi jalan nafas korban sambil penolong berupaya untuk menyadarkan seperti tindakan no. 4 di atas atau mencari bantuan lain untuk segera mengevakuasi korban.
  6. Ketika tindakan no.5 tidak berhasil (tidak ada respon, tidak nafas dan tidak ada nadi), makas segera lakukan Resusitasi Jantung Paru, dengan cara seperti ini.
Tindakan seperti di atas benar-benar akan berhasil dan terlaksana dengan baik, ketika penolong mempunyai keahlian untuk melakukan pertolongan pertama. Jika penolong tidak memiliki kemampuan dan keahlian tersebut sebaiknya segera menghubungi pihak berwenang seperti pelaku pertolongan pertama, paramedik atau tim penyelamat dan mentransportasikan korban (evakuasi) ke fasilitas kesehatan terdekat. Dan yang harus diingat, ketika proses EVAKUASI, JALAN NAFAS korban harus selalu terbuka.





Jika postingan ini bermanfaat silahkan saja untuk disimpan atau di share agar bisa diketahui oleh yang lain.
PAZJK8VQ252H

15 comments:

waduh.. saya yang ga bisa berenang mungkin suatu saat perlu mendapat pertolongan nih sobat... nice info..

@Adis Production:

hehe....kalo bisa ngga usah sob, ngga enak kalo jadi korban.

makasih atas komen dan kunjungannya... ^_^

saya gak bisa berenang ,.,.,.

@agung ardhi wijayanto :

haha....sebenarnya saya juga ngga bisa berenang... :)
(pssstttt, jangan kasih tau yang lain, malu... ^_^ )

mbayangin dpt napas buatan dri cwe cntik... wuihhhhhhh..

@topjer:

hehe....maunya tuh yang begitu aja.

Hallo Pak :) saya sudah mengunjungi blog bapak, "pertolongan pertama" isinya sangat bermanfaat sekali banyak hal yang saya pelajari disana :) Nah untuk bapak saya ada rangkuman kamus internet dan blogger yang saya susun bersama rekan-rekan bapak bisa membaca atau mendownloadnya disini
Kamus Blogger dan Istilah-Istilah Yang ada Di Internet Kalau untuk mendapatkan link alexa, biasanya submit ke directory atau berkomentar di blog tertentu. namun lebih efektif kalau kita mendaftar

Oke Pak link situs ini sudah saya pasang di halaman tukar link saya Disini

@Kang Salman:

Terima kasih kembali kang salman...

Sudah mau datang berkunjung ke blog saya, banyak ilmu yang saya peroleh dari blog kang salman, sehingga lebih membuka wawasan dan mempermudah saya dalam mengurus blog ini.

Dan saya akan segera follow up untuk download, dan link. Sekali lagi terima kasih, dan jangan bosan ya untuk menjawab pertanyaan dari seorang nubie... :)

Waahh.... jangan sampei dech Gan,saya ga bisa berenang sama sekali,jadi takut nieh tuk pulang kampung,hehehe!Saya kerasan tingal lama2 diblog Agan,biar ga takut lagi sama air,makasih Gan infonya!

wah...!! makasih triknya...! jadi tau deh harus gimana kalo' hal seperti itu terjadi..!

wahhh mantep nih triknya..., kalo yang tenggelam atlet sumo gimana tuh bradah

jah.... bingung mo nolong gimna sob, kalo ga bisa berenang... :) duh apes deh urusan ama air mah :)

@Er'end: makasih bro... sebenarnya saya juga trauma ma air, tapi seperti artikel yang saya tulis ini itu semua harus disiasati kalo emang mo jadi seorang penolong. silahkan aja, senang bisa berbagi dengan ente gan.. :)

@I-A-N: makasih kembali bro...yups, banyak ilmu yang tidak kita dapat disekolah bro..hehe, jadi harus selalu buka wawasan baru dengan ilmu baru...semoga sedikit trik ini berguna... :)

@gAd0_gAd0: kalo atlet sumo mending biarin tenggelam aja ndor, ngga kuat ngangkatnya...kwkwkwk

@Kang Epot: ngga semua harus kita kuasai dan kita bisa kang, dengan berteriak minta tolong kalo ada yang tenggelam itu juga udah sebuah bentuk "pertolongan pertama" hehe, simple aja sih aturannya, yaitu "selamatkan diri sendiri baru selamatkan korban", karena kita bukan "superhero".. :)

Oh ya artikel yang tadi diposting di tempat kang epot itu bagus.. :)

pertolongan pertama: saya tidak bisa menjamin, namun mari kita doakan bersama semoga globaladsene ini dapat menjadi ppc harapan kita. dans aaya perhatikan iklan yang di tawarkanpun tidak melulu uang atau iklan obat pria dewasa.

Haturnuhun gan.., ini yg dicari anak sy untuk tugas dr sekolahnya, meski kudu bolak-balik klik supaya lengkap hehe...(mudah2an nyambung..:D)

Poskan Komentar

Budayakan untuk selalu memberikan komentar pada postingan yang anda baca. Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.