Selamat Datang Teman-Teman Baikku (Welcome All My Dear Friends).

Kamis, 10 Maret 2011

LUKA TERBUKA BAG. 1

Setelah sebelumnya kita membahas tentang pengertian Cedera Jaringan Lunak pada Pertolongan Pertama yang dibagi menjadi 2 (dua) kategori yaitu Luka Terbuka dan Luka Tertutup, maka kali ini saya akan berbagi lagi dengan teman-teman tentang jenis-jenis luka terbuka.

Untuk teman-teman ketahui, ada 7 jenis luka yang digolongkan ke dalam luka terbuka yaitu:
  1. Luka Lecet
  2. Luka Sayat/Iris
  3. Luka Robek
  4. Luka Tusuk
  5. Avulsi / Sobek
  6. Amputasi
  7. Cedera Remuk (Crush Injury)
Kali ini, saya akan jelaskan 3 jenis luka terbuka yaitu luka lecet, sayat/iris dan robek.

1. Luka Lecet.
Tentunya hampir setiap manusia pernah mengalami luka lecet ini, bisa karena terjatuh atau penyebab lainnya. Secara umum luka lecet ini terjadi karena adanya gesekan antara permukaan kulit dengan sesuatu yang mengakibatkan permukaan kulit terkelupas dan tampak titik-titik perdarahan.

Luka ini terjadi hanya dipermukaan kulit namun menimbulkan rasa nyeri bagi korbannya, hal ini akibat ujung-ujung syaraf juga mengalami cedera dan  biasanya bentuk dari luka lecet tidak beraturan. 

Untuk jelasnya mari kita lihat gambar luka lecet berikut:
Gambar Luka Lecet

2. Luka Sayat/Iris.
Jenis luka terbuka yang satu ini sering terjadi karena adanya kontak dengan benda tajam seperti pisau dan lain sebagainya namun berbeda dengan luka tusuk.
Biasanya pada luka sayat/iris, permukaan kulit dan lapisan di bawahnya akan terputus sampai kedalaman yang bervariasi namun tepi luka teratur. Sebagai salah satu contoh adalah ketika seorang korban yang sedang mengiris bawang dan tiba-tiba salah satu jarinya ikut teriris...hehe.

Berikut gambar luka sayat/iris tersebut:
Gambar Luka Sayat/Iris

3. Luka Robek.
Umumnya luka robek ini terjadi karena adanya benturan dengan benda keras yang tumpul. Karakteristik luka robek hampir sama dengan luka sayat namun ketidak teraturan tepi luka yang menjadi pembeda keduanya.

Kondisi yang tidak teratur ini menyebabkan sulitnya penolong untuk menilai kedalaman luka termasuk juga untuk menilai kerusakan bagian dalam. 
Perdarahan pada luka ini sangat sulit untuk diatasi dan dikendalikan apalagi jika mengenai pembuluh darah yang besar, kalau pun bisa dikendalikan hanya setengahnya saja. Untuk jelasnya lihat gambar luka robek berikut:
Gambar Luka Robek

Oke teman-temanku itu saja dulu ya, nanti kita sambung lagi untuk luka terbuka selanjutnya. Oh ya mohon maaf kalo gambar yang ditampilkan mungkin akan membuat teman-teman ngeri atau tidak suka.


Jika postingan ini bermanfaat silahkan saja untuk disimpan atau di share agar bisa diketahui oleh yang lain.

15 comments:

artikel pertolongan pertama pda kurban luka terbuka yang sangat dibutuhkan

teruslah menulis artikel pertolongan pertama sob.. saya yakin. blog anda ini dibelakang hari nanti banyak di cari orang

tapi yang terpenting setelah kita mengenal beberapa luka terbuka adalah bagaimana kita mengambil sikap pertama kali layaknya pertolongan pertama..

salam..
blogger indonesia

SEremmm..

bangettzz, aku juga punya luka tapi ga' tau apa namanya, penyebabnya gara2 lama tidur di rumah sakit. kalo boleh tau itu penyakit kulit apa yach ciri cirinya bentuknya seperti bundar dan bernana dan kalo sudah sembuh ada bekasnya warna kehitaman..??

@Wisata murah:
Amiin Ya Rabbal'aalamiin, terima kasih atas supportnya sobat. :)

@Adi Waskita Dharma:
Itu benar sobat, nanti setelah selesai kita tahu seluruh jenisnya, maka saya juga akan berbagi tentang cara pertolongan pertamanya

@zhanaz45:
Maaf sobat kalo fotonya terlihat serem, tapi itu emang yang benar-benar terjadi dan sebagai contoh nyata.

Oh karena berbaring terlalu lama itu namanya "DECUBITUS", semoga bisa membantu :)

Informasi tentang luka bakar ini menjadi hal yang sangat dibutuhkan.. Karena ini keadaan darurat yang bisa terjadi secara cepat dan kapan saja. Kebanyakan orang hanya mempunyai rasa panik dan hanya berdiam saja karena mereka juga bingung harus diapakan. Terima kasih atas informasinya.. Semoga lebih sukses dan lebih banyak lagi artikel-artikel yang ditulis...

baru liat ada blog spesialis P3K...mantab bro...semangat terus.
http://agushome.blogspot.com

wuih ngeri-ngeri dah lukanya....
tapi sip infonya.....sukses Sob..
+pengetahuan,,,,,hohohoo

Aduh-aduh 0aduh.. kang deden.. gambar yang terakhir serem banget.. saya jadi ga kuat bacanya... ampun ah... ngeri2 lukanya

@Tips Bisnis Online Gratis:
Terima kasih atas komen dan supportnya sobat, semoga saya masih bisa terus berbagi pengetahuan dengan sobat sekalian.

@Agus Wazza:
Terima kasih sob, senang anda bisa berkunjung disini.

@Putrabima:
Hmm...ya begitulah sob, mungkin kita belum pernah mengalaminya dan semoga ngga akan pernah mengalaminya. Sukses juga buat anda.

@Kang Salman:
Hehehe...mau lihat yang lebih serem lagi kang?? hehe.
Memang bingung juga mau nampilin gambar yang mana, karena emang rada serem-serem bagi kebanyakan kita yang awam.

isshhh..mengerikan tgk gambar tue..

@MamaEma:

hmm...maaf mamaema, kalo gambarnya mengerikan.

kunjung i blog saya yah,kalo bisa DI KOMEN dan LIKE fanspage FACEBOOK saya

http://fianmuse.blogspot.com/

maaf sekiranya mengganggu.. puas sudah berputar dlm blog tuan semenjak dua menjak ni & info2nya amat2lah menarik hati saya :) harap sudi terima award yg x seberapa adanya dari saya TQ...

Claim your award here: khas buat sahabat dari hati yg ikhlas

kalo bisa dan berkenan tolong sertakan sumber :) makasih

Poskan Komentar

Budayakan untuk selalu memberikan komentar pada postingan yang anda baca. Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.