Selamat Datang Teman-Teman Baikku (Welcome All My Dear Friends).

Kamis, 03 Februari 2011

PERDARAHAN


Sebagai seorang pelaku pertolongan pertama  selain dapat melakukan tindakan bantuan hidup dasar dan resusitasi jantung paru, anda juga harusnya dapat mengenali dan mengatasi perdarahan.

Mengenali dan mengatasi perdarahan merupakan salah satu ketrampilan utama yang juga harus dikuasai oleh seorang pelaku pertolongan pertama. Bila perdarahan ini tidak diatasi dengan segera maka nyawa korban dapat terancam maut dengan tanda awal menjadi lemah, syok dan akhirnya meninggal.

Untuk mengatasi perdarahan, anda harus tahu dahulu tentang sistem peredaran darah (sistem sirkulasi) yang bertanggung jawab untuk mengedarkan (mengalirkan) darah ke seluruh tubuh manusia. Adapun 3 komponen utama dalam sistem ini adalah Jantung, Pembuluh Darah dan Darah, yang ketiganya harus berfungsi dengan baik agar tidak terjadi gangguan dalam tubuh.

Dalam dunia kedokteran dikenal adanya istilah Perfusi yaitu sirkulasi darah yang adekuat ke seluruh tubuh, memasok sel dan jaringan dengan oksigen dan bahan nutrisi, serta mengangkut kembali zat karbon dioksida dan sisa pembakaran tubuh.

Jika hal di atas terganggu pada salah satu atau lebih sel dan organ tubuh oleh satu atau beberapa penyebab, maka sel atau organ tersebut akan mengalami keadaan berbahaya, yaitu akan berkurangnya pasokan darah, oksigen dan nutrisi sehingga zat sampah (karbon dioksida dan sisa pembakaran) akan bertumpuk. Keadaan ini dikenal dengan istilah Hipoperfusi atau Syok (akan dibahas lebih lanjut).

Perdarahan terjadi karena adanya gangguan rusaknya dinding pembuluh darah yang disebabkan oleh ruda paksa (trauma) atau penyakit.

Perdarahan dibagi menjadi 2 (dua) yaitu:
1. Perdarahan luar (terbuka).
2. Perdarahan dalam (tertutup).

Kedua jenis perdarahan ini sangat berbahaya jika tidak segera ditangani, untuk lebih jelasnya tentang keduanya akan dibahas lebih lanjut.



Jika postingan ini bermanfaat silahkan saja untuk disimpan atau di share agar bisa diketahui oleh yang lain.

10 comments:

nice info sob ,.,.
mungkin bisa berguna nanti ,.,.

@ Agung : makasih bang agung...semoga ilmunya bermanfaat baik bagi pribadi, keluarga maupun juga masyarakat...

silahkan saja untuk belajar tentang ilmu pertolongan pertama ini, dan kita bisa sharing lebih banyak...:)

waw!tau banyak skali ya agan ini..nice lah and thanks to admin pertolongan pertama

@Adrian Rivaldy : hehe...udah pekerjaan saya gan, jadi emang harus tahu tentang pertolongan pertama karena itu basic kemampuan bagi seorang relawan di Palang Merah Indonesia ....:)

makasih kembali buat gan Adrian, ntar kalo dah ada slot untuk saya di blog agan, tolong dicantumin linknya ya...:)

kalo pendarahan di malam pertama gimana tuh ndor ????
:))

@gAd0_gAd0 : hehe...kalo itu sih yang emang dicari ndor,malah dinikmati...hahaha

wah ..bergunalah !!
=)

@nelly:

terima kasih :)

salam sahabat
bagus sekalai sangat memberikan sebuah informasi yang sangat akurat oh iya maaftelat dan sudah saya follow

@Dhana/戴安娜:

Salam juga mba Dhana,
Terima kasih mba, senang rasanya kalo ilmu yang kita punya bisa dimanfaatkan dan dibagi dengan teman-teman.

Poskan Komentar

Budayakan untuk selalu memberikan komentar pada postingan yang anda baca. Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.