Selamat Datang Teman-Teman Baikku (Welcome All My Dear Friends).

Kamis, 03 Maret 2011

PERTOLONGAN PERTAMA KORBAN SYOK

Di pagi yang cerah ini, saya kembali ingin berbagi dengan teman, sahabat, kakak, adik, bapak dan ibu dan handai taulan sekalian tentang bagaimana PERTOLONGAN PERTAMA KORBAN SYOK, setelah pada postingan sebelumnya kita sudah share tentang apa itu SYOK dan Gejala serta Tandanya.

Anda semua sudah tahu bahwa Syok sangat berbahaya bagi seseorang karena bila terlambat memberikan pertolongan pertama untuk menanganinya akan bisa berakibat sangat fatal yaitu kematian. Jika memang kita menemukan kasus syok, maka langkah yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Bawa korban ke tempat yang teduh dan aman.
  2. Tidurkan korban telentang, naikkan tungkai (kaki) korban setinggi 20-30cm bisa juga diberi penyangga. Hal ini dilakukan jika tidak ada kecurigaan terdapat patah tulang (tulang belakang atau tulang tungkai).    
  3. Longgarkan pakaian  korban.
  4. Segera tutupi tubuh korban dengan selimut agar suhu tubuhnya terjaga.
  5. Tenangkan korban.
  6. Pastikan jalan nafas dan pernafasan dalam keadaan baik.
  7. Untuk korban dengan syok berat, biasanya kesadaran akan menurun sehingga lidah korban mungkin akan jatuh ke belakang dan menutupi jalan nafas, kalau hal ini terjadi segera buka jalan nafasnya.
  8. Kontrol perdarahan dan rawat cedera lainnya bila ada.
  9. Bila ada berikan oksigen sesuai protokol.
  10. Ingat! Jangan berikan makan dan minum.
  11. Periksa selalu tanda vital secara berkala.
  12. Segera rujuk ke fasilitas kesehatan terdekat guna mendapat perawatan medis lebih lanjut.
Langkah pertolongan pertama korban syok harus segera dilakukan untuk agar upaya penanganan secara medis dapat berjalan lebih baik dan nyawa korban bisa ditolong. Untuk gambar dapat dilihat pada postingan berikut.

Jika postingan ini bermanfaat silahkan saja untuk disimpan atau di share agar bisa diketahui oleh yang lain.

21 comments:

Info yang bermanfaat..trims sobat.

@Keprionline:
Makasih sobat :)

nice share sob, salam kenal...

@Buret:

Terima Kasih, salam kenal kembali :)

info yg bermnfaat
mksi sharingx shbt
:D

@Rezdown7:
Terima kasih, semoga bermanfaat :)

Artikelnya bermanfaat buat kita2 yang awam ini sobat. Thanks.

ia manteb sob infonya..., udah kaya anggota PMR aja ikikikiki

@iMemovaz:
Terima kasih sobat :)

@Made Budi:
Terima kasih bli Budi.

@Syaiful Anwar:
Hehe, ini bukan lagi kelasnya untuk PMR sobat, tapi ini udah tutorial buat level Volunteer dan awam yang punya pengetahuan medis dasar :)

jadi tahu nih caranya seperti itu..hebat nih kang deden artikelnya keren-keren,

makasih ilmunya...berguna banget niiii

@Berbagi Ilmu:
Terima kasih sob, mudah-mudahan bermanfaat.

@Aina:
Terima kasih kembali mba aina.

Have a nice day and also nice article and if you have some time than visit me with $mile$ at
http://adsense-adword-info.blogspot.com/

wah om sangat bermanfaat bagus...
nomong nmr 9 itu apa ya saya kurang ngerti

SALAM KEMANUSIAAN!!!
PMR Banjarmasin hhe =D

@Habib Ullah: Thank's for visiting... :)

@Adittya Regas: oh ternyata adinda anak PMR ya. Sebenarnya ini ngga masuk kurikulumnya PMR...hehehe, tapi ngga masalah deh. Maksudnya dalam pemberian oksigen itu harus sesuai dengan prosedur tetap atau aturannya.

ohh gitu ya om oke" ya gak ada salahnya toh kalo mau tau walau gak masuk ppembelajran...
saya gak ikut ekskul PMR lgi om,tapi udah jadi *latih hhe
ya saya mohon bantuannya ya soalnya ilmu saya masih dangkal msalh pp(pertolongan pertama) :D

@Adittya Regas:
ooo..boleh, sekedar tutorial sih bisa dibaca disini, tapi kalo praktek sebaik konsultasi ma kakak dari KSR PMI setempat atau Pelatih PP setempat biar lebih baik nantinya... :)

@Ikhsan spensa:
Yups gan...:)

Mas kenapa kok tidak boleh diberi makan dan minum???
maklum mas baru masuk pmr :D

Poskan Komentar

Budayakan untuk selalu memberikan komentar pada postingan yang anda baca. Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.