Selamat Datang Teman-Teman Baikku (Welcome All My Dear Friends).

Jumat, 25 Februari 2011

SYOK

Sistem Sirkulasi Darah
Bila sistem peredaran darah (sirkulasi) terganggu dan gagal mengirimkan suplai darah yang mengandung oksigen dan bahan nutrisi lainnya ke seluruh organ vital seperti otak, jantung, dan paru-paru baik itu pada perdarahan luar ataupun dalam maka kondisi ini akan menyebabkan seseorang mengalami HIPOPERPUSI atau biasa dikenal dengan istilah SYOK.

Nah ketika berbicara tentang syok, tentunya kita harus tahu apa saja yang dapat menyebabkan seseorang akan mengalami gangguan tersebut. Dari defenisi syok kita bisa gambarkan bahwa penyebab utama dari kondisi tersebut adalah gagalnya satu atau beberapa komponen utama sirkulasi dalam menyuplai kebutuhan tubuh kita.

Untuk lebih jelasnya, let's check it out apa saja penyebab syok tersebut:

  • Kegagalan Jantung memompa darah, contoh kasus adalah ketika korban mengalami gagal jantung atau serangan jantung (heart attack). Jantung sebagai alat utama pemompa darah yang berisi oksigen dan nutrisi gagal atau tidak mampu menjalankan fungsinya untuk memasok darah sesuai dengan kebutuhan.
  • Kehilangan darah dalam jumlah yang besar. Perlu diketahui bahwa darah tidak hanya terdiri dari bagian yang padat saja tapi juga ada bagian yang cair. Nah kehilangan darah yang paling sering mengakibatkan syok adalah akibat perdarahan. Contoh lain adalah ketika terjadi luka bakar, atau pun diare, dimana kedua hal tersebut dapat menyebabkan hilangnya cairan tubuh dalam jumlah besar, dan oleh tubuh cairan yang hilang tersebut segera digantikan oleh cairan darah. Hal inilah yang dapat menyebabkan jumlah darah yang beredar berkurang.
  • Pelebaran (dilatasi) pembuluh darah yang luas sehingga darah tidak dapat mengisinya dengan baik. Jika dilatasi terjadi, jumlah darah yang tersedia (ada) dalam tubuh tidak mencukupi untuk mengisi ruang pembuluh darah yang telah melebar ini. Kelainan ini bisa terjadi akibat kelumpuhan syaraf akibat cedera tulang punggung, infeksi berat atau akibat gangguan tubuh, yang di dalam ilmu kedokteran dikenal dengan istilah Anafilaktik (suatu keadaan pada penyakit alergi yang sangat parah).

Nah ketika kita sudah mengetahui penyebab terjadinya syok, maka dapat disimpulkan bahwa apapun penyebabnya, akibatnya akan tetap sama yaitu perfusi berkurang dengan dampak nyawa penderita terancam. Untuk tanda dan gejala Syok akan dibahas lebih lanjut. 




Jika postingan ini bermanfaat silahkan saja untuk disimpan atau di share agar bisa diketahui oleh yang lain.

16 comments:

owh begitu ya, baru tau aku, klo boleh tau cara-cara untuk mencegah agar tidak mudah SYOK bagaimana yach?...

Thenk kyu sob.

Aku suka sekali dengan posting2nya,apalagi posting yang ini. Saya bersyukur sekali Tuhan memberikan kelebihan kepada saya menjadi seorang terapis. Disela-sela waktu longgar disamping saya ngeblog tetapi saya juga menangani pasien2 yang mengalami gangguan kesehatan. Alhamdulillah hampir semua pasien yg saya tangani menunjukan perkembangan yang pesat.
Diantaranya: sarafkejepit(HNP), Tuna wicara, Tirtosis, Struck, Darah tinggi, Batu empedu, kelainan tulang belakang dsb. heheheheee....jadi promosi colongan

Thanks yaa sob sudah mau memberi tau tentang terjadinya syok ..

tips yang bermanfaat, ijin disave dahabat.

@Ghie Lhanx:
Kalo cara untuk mencegahnya ya jaga kesehatan sob, makan dan istirahat teratur, dibarengi olahraga. Hindarkan diri makan2an cepat saji, sebisa mungkin selalu happy dan tidak stress, tidak berjemur dikondisi panas terik matahari (selain bisa syok juga bisa gosong tu kulit..hehe) dan masih banyak lagi hal2 lain yang bisa untuk mecegahnya.


@Rofi:
Syukur Alhamdulillah kalo bisa bermanfaat bagi kamu sob dan bisa bermanfaat bagi masyarakat juga.

@Ilham Prasetyo:
Terima kasih kembali sobat atas komen dan kunjungannya...semoga dapat bermanfaat ya :)

@Johnson Manurung:
Silahkan saja pak, emang niat saya mo berbagi ilmu dan pengalaman. :)

wah bang ini bagus juga artikelnya sekalian buat anak Palang merah seperti ini,kunjungan balik ya sob.,.,.,.,.!!!

like your site,thanks x your visit,have a cool saturday evening

ngeri juga kalo ngelihat tanda2nya kaya gitu,,,, emang kita sering lihat orang yang syok, cuma kondisinya yang macam2... biasanya kalo istilah sunda lempeh yuni, alias babarian pingsan, rewasan.... cara mengatasi yang baiknya gimana sobat :)

@Ilham A.M :
Terima kasih sob atas kunjungannya.

@ Ivanna:
Thank you for visiting.

@Kang Epot:
Iya kang, banyak sih kita jumpai orang yang mengalami syok, namun kita belum tahu cara mengatasinya.

Sabar dulu ya kang, masih ada 1 topik sebelum kita masuk bagaimana cara mengatasinya, yaitu mengenai gejala dan tanda-tanda syok.

Makasih infonya sahabat, bagus banget buat pengetahuan nih..

@Surewi uniforms:

Terima kasih kang suroto dah mampir disini :)

wih ngeri ya kang...kalo gitu jangan sampai syok-syokan yah (syok pinter, syok bisa, syok ngerti, syok tahu, syok wae lah) apa'an ngga nyambung ya kang wkwkwk....btw artikel-artikelnya kang deden sangat menarik dan banyak menambah wawasan...ditunggu artikel-artikel berikutnya kang..

good info... post more and visit me on my blog

info yang bagus nih sob , thanks yaa

@Berbagi ilmu:
haha...iya kang kalo syok2an mah bisa jadi penyakit yang sangat berbahaya tuch, terima kasih sudah berkunjung dan komennya.

@Tech Ah:
Thank's bro, okey!

@sichandra.com:
Terima kasih atas kunjungannya sob.

keren , bagus juga cara penyampainnya bahasanya lugas dan mudah dimengerti :)

Poskan Komentar

Budayakan untuk selalu memberikan komentar pada postingan yang anda baca. Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.