Selamat Datang Teman-Teman Baikku (Welcome All My Dear Friends).

Sabtu, 19 Maret 2011

PENUTUP LUKA

Pagi ini mari kita kembali berbagi pengetahuan tentang Pertolongan Pertama. Postingan kali ini juga masih sekitar mengatasi luka terbuka (bagian 1 dan 2) pada cedera jaringan lunak dan berkaitan dengan perdarahan luar serta cara mengatasinya.
Ilustrasi Penutup Luka

Adapun topik pertolongan pertama yang kita bahas adalah Penutup Luka. Tindakan ini sangat penting dalam mengatasi terjadinya luka terbuka atau perdarahan luar.

Secara defenisi Penutup Luka adalah suatu bahan yang diletakkan tepat di atas luka, mempunyai daya serap baik, ketebalan 2-3 cm, ukuran cukup besar untuk menutupi seluruh permukaan luka dan dapat mencegah keluar masuknya udara sehingga kelembaban organ dalam terjaga pada korban.
Penutup luka ini memiliki fungsi penting dalam mengatasi perdarahan yang terjadi pada luka luar yaitu;
  1. Membantu mengendalikan perdarahan.
  2. Mencegah terjadinya kontaminasi lebih lanjut.
  3. Mempercepat penyembuhan.
  4. Mengurangi rasa nyeri.
Sebagai awam atau masyarakat biasa tentunya masih bingung apa yang dapat dijadikan sebagai bahan penutup luka, apalagi jika melihat darah yang keluar dari luka terbuka yang dialami korban sangat banyak. Mungkin saja teman-teman akan sedikit panik dan kebingunan melihat hal itu sehingga proses pertolongan pertama terlambat dan dapat membahayakan nyawa korban.

Kalau hal di atas yang teman-teman temukan maka tidak perlu untuk panik atau bingung, tutuplah segera luka tersebut dengan bahan yang relatif bersih sebagai contoh adalah kasa steril atau kain bisa juga bahan lainnya yang dapat menyerap darah yang keluar dari luka sekaligus menghentikan perdarahan.

Ingat teman, jangan menggunakan bahan yang mudah melekat pada luka seperti kapas, tisu dan lain-lain serta perhatikan kalau menggunakan bahan penutup luka yang mengandung obat. Baca dahulu etiket yang ada pada bahan sebelum menggunakannya.

Itu saja dipagi hari ini yang dapat saya bagi tentang ilmu Pertolongan Pertama dengan teman-teman sekalian.
Jika postingan ini bermanfaat silahkan saja untuk disimpan atau di share agar bisa diketahui oleh yang lain.

23 comments:

Kalau dulu saya menggunakan bantuan getah kamboja untuk mengurangi pendarahan akibat sayatan senjata tajam yang lumayan besar.. dan pernah juga memakai serat pelepah pisang..

apakah hal tersebut wajar?? karena itu sudah menjadi tradisi nenek moyang saya.. he he he..

salam

Blogger-Bali

Wah saya baru tau getah kamboja dapat mengurangi pendarahan.. obat tradisional..

kang deden. post juga obat tradisonal, sepertinya keyword ini bisa menambah trafik blog ini

perbanyak aja hehe

getah kamboja? cari dimana?

Darah jangan terlalu banyak yang keluar.
Pertolongan pertama memang wajib dilakukan saat mengalami luka entah jatuh atau kecelakaan

aduh kalau ane mendengar kata darah apa lagi lihat darah kok ane jadi lemes mual dan pingin muntah yah ???
ada kelainan kjah di ane ???

http://bhotol.dhmart.info/

Salam sahabat
Menjadikan alternatif bagus dan membetikan arahan informasi yang bermanfaat maaf telat

kira2 ada obat herbal utk menutup luka??

terima kasih infonya

maaf.. getah kamboja bukan untuk mengurangi pendarahan.. yang jelas untuk menutup luka (iris kulit pohon kamboja yang masih isi getah.. terus tempel pada luka) itu bisa menutup luka dengan cepat.....

jnana-Yoga

wah telat nih,.. ko' pada ngomonginnya getah kamboja, kalau pohon kamboja ya adanya di kamboja sana wkwkwk, eh biasanya di pemakaman ding, swerem. kalau ane mah biasanya pake bekicot, dan masih banyak lagi yang lainnya, bener apa kata kang salman, boleh juga tuh obat tradisional..murah meriah dan banyak manfaat. terus berkarya kang deden

Happy spring my friend.
Good Sunday.
Teb

ooo gitu toh sobat,,
nice info
sukss sll sobat :)

haduh,,,,,baru tau aane,,,,,,,,,,,

Oke Mas bro.. info yang bermanfaat, oia nice 8 info :)

Hello my friend.
Good Monday and joyful week.
Teb.

selamat mlm ja lah mas.. Maaf tdk bsa isi buku tamu, krna hri ni ol pake hp mas..

@Adi Waskita Dharma:
Kalo dalam ilmu medis dan medis dasar (pertolongan pertama), hal itu sebenarnya ngga boleh sobat. Mengingat takut terjadinya kontaminasi yang dapat menyebabkan infeksi.

@Kang Salman:
Terima kasih sarannya kang, tapi harus cari literaturnya dahulu, biar ngga sembarang bikin.

@www.menjelma.com:
seperti kata sobat cahya (berbagi ilmu) dikuburan nyarinya..hehehe

@Obat sakit 2011:
Benar sobat, perdarahan yang begitu banyak sangat membahayakan jiwa korban.

@agus priyadi:
hehe...ente phobia darah tuh sob...teman ane ada juga tuh yang seperti itu. Ya ente ngga boleh lihat darah atau luka, kalo ngga ya bisa pingsan.

@Dhana/戴安娜:
terima kasih mba...semoga bermanfaat.

@Ladida:
wah kalo itu saya ngga berani rekomendasi sob, karena pertolongan pertama ini bukan untuk pengobatan tapi sebatas pertolongan pertama dengan medis dasar...hehe.

@berbagi ilmu:
hehe....bisa aja nich sobat cahya, kalo tradisional saya kembalikan ke masing-masing aja...sama seperti yang saya sampaikan kepada sobat adi, ladida dan lain-lain.

@Tebinfea:
thank's for your visiting my friend :)

@Rezdown7:
Terima kasih sobat, semoga bermanfaat.

@Rully varadita:
Terima kasih sobat, semoga bermanfaat.

@wongcrewchild:
Terima kasih sobat.

@Stop Dreaming, Start Action:
Terima kasih sobat.

@Pradisz Wardhana:
Terima kasih bro.

@sinalkogame:
Terima kasih udah berkunjung :)

makasih sudah berbagi infonya sobat :)

mas kenapa kalo aku komen ke blog orang lainn sering tidak masuk

artikel yang sangat bermanfaat dan dapat dijadikan panduan, makasih sudah berbagi.

@sichandra.com:
Terima kasih kembali sobat atas kunjungannya.

@News Flash:
Waduh...kalo itu saya ngga tahu juga... ^_^

@brijakartaveteran:
Terima kasih pak john atas kunjungannya.

Poskan Komentar

Budayakan untuk selalu memberikan komentar pada postingan yang anda baca. Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.