Selamat Datang Teman-Teman Baikku (Welcome All My Dear Friends).

Minggu, 13 Maret 2011

LUKA TERBUKA BAG. 2

Menyambung posting terdahulu tentang Luka Terbuka yang terdapat pada Cedera Jaringan Lunak, maka berikut saya akan kembali berbagi pengetahuan tentang luka terbuka selanjutnya yang juga harus segera mendapatkan Pertolongan Pertama jika kita menemukan seseorang mengalaminya.

Luka terbuka selanjutnya adalah:

4. Luka Tusuk
Luka ini biasanya terjadi karena masuknya benda tajam dan runcing melalui kulit ke dalam tubuh dengan ciri khasnya luka relatif lebih dalam dibandingkan dengan lebarnya dan bentuk luka hampir menyerupai benda yang menusuk. Luka tusuk sangat berbahaya karena dapat melibatkan alat dalam tubuh.
Gambar Luka Tusuk
Kesulitan akan ditemui dalam penanganan luka jika benda yang menusuk masih tertancap. Perlu juga untuk dicari apakah luka tusuk ini menimbulkan luka tembus yaitu ada luka masuk dan luka keluar, karena biasanya luka keluar lebih parah daripada luka masuk. Contoh kasus dapat kita lihat pada kasus seseorang yang tertembak, luka masuknya hanya sebesar peluru namun luka keluarnya sangat besar.
 
Berat ringannya luka tusuk yang terjadi tergantung dari lokasi luka, panjangnya benda yang masuk dan besarnya gaya yang dialami.
5. Avulsi / Sobek
Luka ini terjadi akibat terkelupasnya kulit dan sedikit lapisan dibawahnya, bisa saja kulit dan lapisan dibawahnya itu masih menempel atau sudah hilang sama sekali. Bila masih menempel, maka itu disebut dengan flap atau lembaran gantung. Ujung hidung yang terkelupas disebut Avulsi.

6. Amputasi
Luka ini terjadi akibat terpisahnya jaringan tubuh korban, paling sering terjadi pada alat gerak mulai dari jari sampai hilangnya seluruh alat gerak. Pada ujung luka mungkin terlihat lembaran kulit dan ujung tulang.
Gambar Luka Amputasi
Perdarahan yang terjadi pada luka ini sangat hebat atau bisa juga sebaliknya karena pembuluh darah dapat menutup sendiri untuk membatasi keluarnya darah.

7. Cedera Remuk / Crush Injury
Luka jenis ini adalah gabungan antara luka terbuka dan luka tertutup, yang terjadi karena terjepitnya alat gerak korban dengan alat-alat berat. Hampir seluruh jaringan lunak dan jaringan keras seperti tulang dapat terlibat, tulang dapat patah dan pecahannya atau patahannya dapat menembus sampai keluar. Hal ini akan menimbulkan pembengkakan dan Perdarahan, baik Perdarahan Luar maupun Perdarahan Dalam.

Luka ini sangat bervariasi sekali bentuknya dan perlu untuk segera diberikan Pertolongan Pertama pada korban mengingat perdarahan yang terjadi sangat kuat.


Jika postingan ini bermanfaat silahkan saja untuk disimpan atau di share agar bisa diketahui oleh yang lain.

22 comments:

Gambar lukanya ngeri-ngeri gan

izzzzzzz,,ngeri ....
-----------
kabur ah....
:D

Masih anget nih gan postingannya.
Coba model gambarnya miyabi ga bakalan serem dah..

hi .... gambarnya sob ...
makasih infonya.

info bagus sobat...coba di tambah "cara mengobatinya "pasti tambah bagus sob.

Ia kang deden, coba di tambah cara mengobatinya... dan pertolongan pertamanya.

saya takut lihat gambarnya...

eh ehh.. good info :) boleh buat rujukan selalu TQ

Recently: tsunami di jepun ~ update photo terkini

Salam Hangat.
Blog ini sangat informatif isinya, cukup memberikan pencerahan kepada saya setelah membacanya.
Kapan2 saya balik lagi ya...
TambelanBlog

wah lanjutannya sudah ada ya kang...aku ketinggalan..yang ini gambar-gambarnya lumayan ngeri dibandingin yang sebelumnya kang..(oh iya ini bukan ilham tapi cahya kang)

Terima kasih infonya Bang, kalo luka yg kayak amputasi gitu, pasti saya langsung pingsan :(

Wah..Tkut liat gambar nya.

@Shear: namanya juga luka dan perdarahan sob...

@Rezdown7: waduh sama juga nich sama sobat shear...

@Caang: hehe...maunya gan...kalo miyabi ntar terlalu banyak yang pengen nolongin...hehehe...

@brijakartaveteran: makasih kembali pak john...

@Wage RudolfSupratman: iya sob, tapi bentaran...karena masih ada yang harus dibahas lagi, jadi ntar endingnya tentang pertolongan pertama untuk penanganannya.

@Kang Salman: hehe, bentar kang, biar kita semua tahu dulu penyebab dan modelnya baru ntar dikasih lagi cara pertolongan pertamanya :)

@@Rose Johari: maaf ya cik rose, gambar luka memang tidak ada yang bagus untuk dilihat.

@kiterkitikitu (xDer): terima kasih, semoga bermanfaat.

@tambelan: makasih bro... :)

@Cahya: iya sob, maaf kalo salah panggil..habis namanya berdekatan, baiknya sih dibuat cahya gitu.

@Adhit H.P: jangan sampai sobat, karena sangat berbahaya.

@Amorng38: mau gimana lagi sob, gambarnya memang seperti itu, bahkan ada lagi yang lebih parah.

@All : maaf ya atas gambarnya, kalo memang ngeri dan tidak disukai karena memang kenyataannya seperti itu. sekali lagi maaf ya :)

maaf Ini Bukan Spamm !!..


ini hanya sekedar Blog Walking..
Visit Back Please..


^Bocah Edan™ ..
^Hacker Blitar Sejati™..
^DEEVRO™ IS CRIME !!
^NEO DEEVRO™..
^BLITAR™ WAE..


tHnKz 4 Visit.. ^_^
salam Damai dari Blogger BLITAR..
Untuk Tukar LINK silahkan Klik Link INI..

waduh,,eneq saya liat mas,,pas aku lagi makan,,tp great posting lah,,ditungu balasannya

@www.menjelma.com:
Waduh maaf sobat, bukan maksud hati menampilkan hal yang membuat sobat eneq saat makan, tapi memang begitulah adanya :)

ingo yang sangat berguna..

hehe 8 kali, "Nice Info" :)

@Deddy: makasih sobat :)

@Pradisz Wardhana: makasih juga sob :)

Sekedar ingin jenguk sobat dan tebar pesona..!!
Salam blogger selalu..!!

@Prapatan Kertek:
Terima kasih sobat atas kunjungannya :)

masih bingung anatara luka masuk ma luka keluar.. tolong dikasih taw cara penanganannya jg.hehe
thx before :)

Poskan Komentar

Budayakan untuk selalu memberikan komentar pada postingan yang anda baca. Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.