Selamat Datang Teman-Teman Baikku (Welcome All My Dear Friends).

Kamis, 31 Maret 2011

Pertolongan Pertama Luka Tusuk Bag. 2

Di kamis pagi yang cerah ini, saya akan melanjutkan kembali berbagi ilmu Pertolongan Pertama dengan teman-teman sekalian tentang Pertolongan Pertama Luka Tusuk namun dengan benda yang masih menancap pada luka tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Pertolongan Pertama pada luka tusuk harus segera dilakukan mengingat luka tusuk menyebabkan perdarahan luar dan perdarahan dalam yang dapat mengancam nyawa korban. Penanganan luka tusuk tanpa ada benda yang masih menancap sedikit lebih mudah menanganinya dibandingkan dengan yang masih ada benda yang menancap pada tubuh korban.

Perlu cara khusus untuk hal ini, mengingat jika benda yang menusuk tersebut bisa berupa pisau, paku atau benda runcing lainnya apabila dicabut akan mengakibatkan luka dan perdarahan bertambah parah dan terjadi perdarahan luar yang sangat hebat.
Untuk kasus seperti ini apabila teman-teman temukan, maka langkah-langkah pertolongan pertama yang harus dilakukan untuk menolong korban tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Stabilkan benda yang menancap tersebut agar jangan bergerak karena bisa menyebabkan luka bertambah lebar dan parah. Gunakan tangan penolong untuk menjaga agar benda yang menancap tidak bergerak.
  2. Jangan mencabut benda yang menancap tersebut!! Kecuali jika benda tersebut menancap di pipi korban (akan dibahas lebih lanjut).
  3. Buka bagian yang luka sehingga terlihat dengan jelas oleh penolong.
  4. Segera hentikan perdarahan dan ingat jangan sampai menekan benda yang menancap tersebut.
  5. Stabilkan benda yang masih menancap tersebut dengan menggunakan penutup luka tebal, atau berbagai variasi misalnya membuat pola seperti donat dari pembalut mitela, pembalut gulung dan lainnya.
  6. Jika mulai tampak tanda syok segera lakukan pertolongan pertama syok untuk korban.
  7. Berusaha menjaga agar korban tetap tenang dan istirahat.
  8. Segera bawa korban ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan pertolongan medis selanjutnya.
Satu hal yang harus diingat, ketika kita menemukan benda yang menancap tersebut sangat panjang sehingg menyulitkan kita untuk memberikan pertolongan pertama maka langkah yang harus diambil adalah memotong benda tersebut. Lakukan dengan sangat hati-hati agar benda tersebut tidak menyebabkan luka makin parah dan makin bertambah dalam. Jika teman-teman kesulitan untuk memotongnya mintalah bantuan kepada orang lain yang memiliki kemampuan untuk melakukan hal itu seperti dokter atau penolong yang sudah terlatih.

Jika postingan ini bermanfaat silahkan saja untuk disimpan atau di share agar bisa diketahui oleh yang lain.

14 comments:

Wah jadi yang pertama ni...
hampir sama dengan yang dulu hanya saja yang ni lebih terarah da terperinci.. :)

Oh ya kang deden sekrang trafik blog ini udah hebat ya... xixixi saya nanti keselip ni :p

@Kang Salman:
hehe...bisa aja nich kang salman. Sepertinya belum bisa menyalip kang salman. Karena sekarang lagi banyak kerjaan, inet sering down jadi susah blogwalking. Kalo mau bw harus ke warnet itu pun bisanya malam.

Masih keren trafik blog kang salman atuh. bagi2 rahasianya kang..hehehe. :)

Met pagi mas Deden, pagi yang cerah ini diberikan tips yang sangat bermanfaat. Terimakasih Banyak ya...

Thanks sobat... TambelanBlog

postingan bagian ke 2 yah , sangat bermanfaat mas ^^

Baca Postingan Ini Jadi Ingat waktu Masih Kecil :D
pernah kaki Saya Ketusuk Paku bekarat,,n gk bilg2 sama ortu,
akhirx keesokaxx tambah parah n gk bisa jalan saya.
dan akhirx di bawah ke dokter deh...
(Malah Curhat) hehehe :D

Bos sya mau tanya seminggu yang lalu kuku jempol kaki kanan ane kan ptah akibat jatuh dari sepeda motor di jalan, yang sya tannyakan apakah kuku jempol sya yg patah itu masih bisa tumbuh kuku lagi?? n bagaimana cara penganan yg tepat??
situ bisa bls di kolom komentar sya sob di Blog DUIT GRATIS alamatnya http://adityabisnis.blogspot.com/

@Tambelan :
Terima Kasih sob...wah dah lama juga ngga berkunjung dan chat ya...ada sedikit kerjaan yang harus diselesaikan segera akhir-akhir ini.

@Ladida:
Terima kasih bro ladida.

@Rezdown7:
hehehe...lain kali lebih hati-hati sobat.

@adityabisnis.blogspot.com:
oke sob.

Tambah ilmu yg sangat bermanfaat...

www.1sthappyfamily.com

sangat bermanfaat nih. Siapa tahu nemu hal - hal yang membutuhkan pertolongan pertama...

This is a great web site. Good sparkling user interface and very informative blogs. I will be coming back in a bit, thanks for the great article. I have found it enormously useful..
happy wheels| happywheels| happy wheels hacked| happy wheels demo| happy wheels| happywheels| happy wheels hacked| happy wheels demo
tetris| tetris games| tetris unblocked| unblocked tetris| monster high games| monsterhighgames| monster high| monsterhigh

Very interesting blog. Alot of blogs I see these days don't really provide anything that I'm interested in, but I'm most definately interested in this one.
temple run 2 , download temple run 2 , temple run 2 game , temple run 2 download , temple run 2 app

Nice! thank you so much! Thank you for sharing. Your blog posts are more interesting and impressive
geometry dash apk , geometry dash game , geometry dash , download geometry dash , geometry dash app

I think there are many people like and visit it regularly, including me.I actually appreciate your own position and I will be sure to come back here.
launcher , download launcher , launcher apk , launcher app , launcherapp

Poskan Komentar

Budayakan untuk selalu memberikan komentar pada postingan yang anda baca. Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.